Rabu, 13 April 2016

TIPS AGAR BATERAI HAPE TIDAK CEPAT DROP

Hampir semua orang dari remaja sampai dewasa pasti memiliki handphone pribadi. Bisa dikatakan sekarang handphone ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Di pasaran tersebar berbagai macam bentuk dan jenis handphone yang dijual sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada handphone yang mengkhususkan untuk penggunaan game, ada juga yang mengkhususkan pada kamera dengan resolusi tinggi, ada juga handphone yang mengkhususkan pada kepentingan email serta browsing bahkan ada juga yang mengkombinasikan beberapa atau seluruh  kecanggihan dalah satu produk handphone. Dengan menjadi sebuah kebutuhan yang mungkin tidak bias kita hindari, permasalahan yang sering banyak kita jumpai adalah kondisi baterai yang tidak bias bertahan lama. Bisa dibayangkan betapa bĂȘte nya ketika kita ingin menghubungi teman namun tiba-tiba handphone mati karena kehabisan daya, atau saat kita ingin browsing tetapi hape mati, atau bahkan ketika malam hari dan sedang mati lampu kita ingin menghidupkan aplikasi senter namun tidak bias dikarenakan kekurangan daya. Sebel… sebel.. sebel… pastinya. Ketika kita baru membeli handphone tersebut mungkin masih bias kita gunakan sepanjang hari karena baterainya masih awet, tetapi seiring berjalannya waktu baterai akan terasa cepat habis yang pasti di pengaruhi beberapa hal. Nah, ada beberapa tips dan harus kita hindari agak baterai handphone kita dapat bertahan atau awet. Simak tpisnya berikut ini:

1.       1. Matikan ketika mencharger

Cara pertama ini adalah cara yang paling ampuh ketika kita ingin menjaga kondisi baterai kita agar tidak cepat drop. Dengan cara ini kita bsa menjaga keawetan baterai dan bias terhindar dari kerusakan. Namun harus diingat ketika baterai sudah dalam kondisi full segeral lepaskan dari colokan agar terhindar dari kehamilan baterai anda akibat kelebihan daya.

2.    2.    Jangan memainkan handphone ketika sedang dicharger
Nah, mungkin cara pertama diatas memiliki sedikit kekurangannya yaitu pada saat kita menunggu telepon penting baik dari saudara, teman, keluarga maupun rekan bisnis yang mengharuskan kondisi handphone dalam kondisi siaga. Tidak masalah ketika kita mencharger dalam kondisi hidup, namun yang perlu diingat adalah, jangan sampai memainkan handphone ketika sedang mencharger dan dalam kondisi on, karena dapat mengurai kekuatan daya yang masuk sehingga lama – kelamaan akan membuat baterai rusak dan cepat habis. Maka cara yang aman adalah dengan tidak mengutak-atik, boleh diutak atik ketika ada keperluan mendesak dan kalaupun ingin memainkannya, lepaskanlah terlebih dahulu colokannya.

3.     3.   Jangan mencharger semalam suntuk
Hal yang harus dihindari selanjutnya adalah mencharger sepanjang malam. Hal inii sering kita lakukan ketika kita ingin tidur dan kondisi baterai sudah low maka kita cendrung langsung mencolokkan pada charger baik dalam keadaan hidup ataupun dalam keadaan mati. Hal ini tidak boleh dilakukan karena ketika kondisi baterai sudah full, tetapi charger masih tercolok maka dikhawatirkan akan membuat baterai kelebihan daya karena terus terisi aliran listrik sehingga membuat baterai menjadi kembung atau hamil. Hahhhaha.. ketika baterai hamil atau gembung, tidak ada pilihan lain selain mengganti dengan yang baru. Maka cara terbaik adalah memilih waktu yang pas untuk mencharger handphone minimal 2 jam sebelum tidur.

4.       4. Matikan aplikasi yang tidak penting
Tidak bias dipungkiri, didalam handphone kita pasti anda memasang beberapa aplikasi popular seperti Blackberry Messenger (BBM), What’sUp, Line, Instagram, Facebook, Path dan masih banyak aplikasi online lainnya. Dengan banyaknya memasang aplikasi-aplikasi tersebut maka akan semakin membutuhkan daya yang cukup besar selain itu juga akan membuat paket data menjadi cepat habis. Maka cara terbaik adalah dengan menonaktifkan beberapa aplikasi dan bukalah ketika anda memiliki waktu senggang

5.       5. Kurangi kecerahan layar
Secara tidak langsung, kecerahan layar juga berperah besar dalam menghabisakan daya baterai. Maka tidak ada salahnya untuk mengurangi kecerahan layar atau menggunakan mode auto agar layar dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

6.    6   Matikan layanan data ketika tidak diperlukan
Cara ini bias kita lakukan ketika ingin tidur. Matikanlah layanan data untuk menghemat daya baterai anda tanpa mematikan jaringan selulernya.

7.      7  Gunakan aplikasi penghemat baterai
Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bertebaran di playstore untuk menghemat daya baterai. Pilihlah aplikasi yang memang benar-benar terpercaya dan sudah teruji kredibilitasnya sehingga tidak merugikan kita. Jangan sampai salah memilih karena ada beberapa aplikasi penghemat baterai yang justru malah membuat kondisi baterai semakin buruk.
8.      8.  Belilah power bank

Jika semua cara sudah terlambat untuk dilakukan, cara terakhir yang mungkin bias dilakukan ialah dengan membeli power bank. Ini juga berguna ketika kita hendak berpergian jauh. Jika memiliki budget lebih, belilah power bank dengan daya yang cukup besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terlaris